Satpol PP Tanbu Amankan Pembuat Tuak

Satpol PP dan Damkar Tanbu – Belakangan ini, sering ada infomasi yang masuk ke Jajaran Satpol PP Kabupaten Tanahbumbu, terkait warga yang mabuk-mabukan tuak.

Pasalnya, di sebuah rumah dijadikan tempat pengolahan tuak. Bahkan, sering terjadi transaksi jual beli tuak di rumah tersebut.

Mendapatkan laporan tersebut, jajaran Satpol PP Kabupaten Tanahbumbu melakukan penyelidikan dan mendapati sejumlah barang bukti. Tepatnya pada Selasa (15/1/19) sekitar pukul 21.00 wita di KM 6 Sarigadung Kecamatan Simpangempat Tanahbumbu.

Tim Unit Tanggap Siaga (UTS) Satpol PP melaksanakan back up kepada PPNS dan regu penertiban untuk menggerebek tempat pembuatan tuak (miras tradisional). Sebuah rumah didapati banyak tuak yang diduga kuat dijadikan tempat produksinya.

Menurut Kasat Pol PP Tanbu, H Riduan melalui Kasi Pembinaan Pengawasan dan Penyuluhan Satpol PP Tanbu, Sartoyo, Rabu (16/1/19) mengatakan penertiban itu dilakukan setelah adanya informasi dari masyarakat yang sudah merasa resah dengan peredaran tuak trsebut.

Alhasil, sejumlah barang bukti berupa tuak pun disita jajaran Satpol PP dan langsung diamankan ke Kantor Satpol PP dan Damkar Tanahbumbu.

“Tim mengamankan 5 buah ember besar tuak dan 1 jerigen tuak serta 3 orang yang di duga sebagai pembuat tuak tersebut,” katanya.

Sementara untuk, ketiga orang trsebut juga digelandang dan periksa oleh penyidik terkait aksinya tersebut. Setelah itu, bila terbukti maka akan ditindak lanjuti dengan memberikan pembinaan dan surat peringatan.
” setelah dilakukan penyidikan ternyata 2 orang sebagai pembuat tuak dan 1 orang hanya sebagai penjual atau penjaga warung,Untuk pelakunya akan dikenakan tipiring untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya,” katanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *